Jajanan Tradisional Permen Asem Jawa

Permen asem Jawa merupakan salah satu jajan tradisional yang dibuat sebagai permen alami tanpa pemanis dan pengawet buatan. Jajanan ini biasanya dibuat dari bahan Asam Jawa. Sehingga, rasanya cenderung asam sedikit manis. Biasanya, orang-orang mengonsumsi permen dari asam Jawa ini sebagai camilan ketika hujan turun karena ada kandungan jahe yang memberikan rasa hangat. Selain itu, mereka juga mengonsumsi permen ini saat bepergian. Permen dari asam Jawa ini juga sering disajikan sebagai hidangan yang dihidangkan kepada tamu. Permen dari asam Jawa ini juga sering dikemas sebagai salah satu oleh-oleh yang sering diburu.

Permen yang terbuat dari asam Jawa ini tidak hanya dikonsumsi sebagai makanan camilan saja. Akan tetapi, permen ini juga mempunyai khasiat dan kandungan nutrisi yang berguna bagi kesehatan tubuh. Kandungan nutrisi yang terkandung dalam permen ini adalah mineral dan Vitamin. Mineral yang ada pada permen dari asam Jawa ini adalah kalsium, fosfor, dan Zat Besi. Sementara itu, vitamin yang ada pada permen tradisional ini adalah Vitamin A, Vitamin B1, dan Vitamin C. Kandungan mineral dan vitamin dapat membantu tubuh untuk mengatasi sariawan, batuk, demam, dll. Jika kamu ingin menikmati permen dari asam Jawa ini dengan rasa otentik, kamu bisa membelinya di beberapa supermarket dan tempat oleh-oleh. Biasanya, permen tradisional yang dibuat tanpa pengawet dan pemanis ini dijual secara kiloan dan hanya mampu bertahan dalam waktu yang tidak lama. Selain itu, bentuk permen dari asam yang original adalah bewarna coklat dengan baluran gula putih di kulit luarnya. Sehingga, ada perpaduan rasa asam dan manis alami. Beberapa perusahaan juga membuat produk permen yang terbuat dari asam Jawa. Produk permen ini dapat bertahan lebih lama dengan harga yang lebih murah. Permen ini bisa digunakan sebagai salah satu camilan saat bepergian.

Jika kamu ingin menikmati permen yang terbuat dari asam Jawa ini, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Bahan – bahan yang diperlukan juga cukup sederhana. Selain itu, cara membuat permen tradisional asam Jawa ini juga cukup sederhana. Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menyiapkan bahan –bahan yang diperlukan. Bahan utama yang diperlukan adalah asam Jawa yang segar secukupnya. Kemudian siapkan air hangat, air biasa, gula merah, gula pasir, tepung roti, dan jahe yang telah digeprek.

Untuk membuat permen tradisional ini, kamu perlu memisahkan biji asam dari daging buah. Caranya, rendam asam Jawa pada air hangat dan aduklah secara perlahan. Kemudian, saring daging buah asam dari air hangat tadi. Setelah itu, didihkan air kemudian masukkan gula merah. Kamu bisa campurkan gula merah dan gula pasir sesuai seleramu. Setelah itu, masukkan jahe yang telah digeprek ke dalam air rebusan. Aduk hingga merata. Kemudian, masukkan asam Jawa yang telah dipisahkan dari isinya. Aduk sebentar. Setelah itu, masukkan tepung roti agar campuran menjadi kental. Angkat dari kompor ketika campuran yang telah menjadi kental sempurna. Setelah itu, dinginkan sebentar. Setelah dingin, buatlah bulatan permen yang terbuat dari asam ini. Kemudian, baluri bulatan permen tradisional ini dengan gula pasir untuk menambah rasa manis. Setelah itu, simpanlah di plastik wrap untuk setiap bulatan. Kamu bisa menyimpan permen tradisional ini di lemari pendingin agar dapat bertahan lebih lama. Jangan simpan di tempat yang memiliki suhu tinggi karena gula akan meleleh.