Kumpulan Resep Smoothies Yang Bikin Seger

      Kumpulan resep smoothies – Halo netizen, menu masak kita apa ya hari ini? Nasi goreng? Nasi kuning? Nasi kebuli? Bukan makanan ges Coba tebak mau bikin apa hari ini? 

Yaass sesuai judulnya kita akan membahas kumpulan resep smoothies yang bikin seger. Bayangin deh siang siang panas kan trus minum smoothies yang seger banget, haduuhh jadi ngiler deh hehe disini panas banget soalnya. 

Kalian udah tahu belum apa itu smoothies? Agak asing sih di telinga kita ya kan, kalau begitu gimana kalau kita bahas dulu pengertiannya dan manfaat dari smoothiesnya?

Oke deh kalau begitu sebelum ke kumpulan resep smoothies yang bikin seger, kita bahas dulu yuk tentang Apa itu smoothies dan manfaat dari smoothies

Pengertian Smoothies

Smoothie merupakan minuman yang terbuat dari buah-buahan, sayuran, sirup gula, susu cair segar, dan es batu. Selain tambahan susu khas smoothies, yogurt, coklat, dan susu kental manis sering ditambahkan ke dalam smoothie. Tekstur smoothie lebih kental dari pada jus. 
Beberapa orang membuat smoothie dengan mencampurkan berbagai jenis buah-buahan atau menggabungkan buah-buahan dan sayuran untuk menghasilkan rasa yang lebih kaya. 
Untuk mempercantik tampilan smoothie dan memperkaya rasa, Anda bisa menaburkan smoothie dengan bubuk coklat, irisan buah, taburan cokelat, atau potongan jelly.
Proses pembuatan smoothie sangat sederhana; Campurkan buah-buahan, sayuran, susu, sirup gula, es batu, dan yogurt ke dalam blender. Proses hingga halus. Sesuai resepnya, komposisi dan jenis buah yang digunakan bisa dipilih sesuai selera.

Manfaat Dari Smoothies

1. Mengurangi Berat Badan

Salah satu rahasia penurunan berat badan adalah mengonsumsi protein untuk membangun otot. Karena itu, mengonsumsi smoothie yang dicampur dengan yogurt tawar atau susu rendah lemak membantu memenuhi kebutuhan protein ini. Anda juga merasa kenyang lebih lama.

2. Melancarkan Pencernaan

Asupan serat dari buah dan sayuran dalam smoothie merupakan salah satu faktor kunci untuk meningkatkan kemampuan tubuh dalam membuang limbah secara teratur.

3. Mendapat Asupan Energi

Buah memiliku kandungan serat yang terdapat dalam segelas smoothie dapat membantu Anda dalam menyeimbangkan jumlah kalori dan gula di dalam tubuh Anda, Bela. Selain itu, proses ini secara perlahan diserap oleh tubuh dan memberikan energi dalam waktu yang lama.

4. Memperkuat Sistem Imun

Konsumsi smoothie secara teratur akan membuat tubuh Anda lebih sehat. Mengapa? Karena kandungan serat pada buahnya, sayur ini dapat memperkuat daya tahan tubuh dan mengurangi rasa sakit serta pertahanan.

5. Pengganti Makanan Utama

Smoothie sering kali dibuat sebagai minuman, tetapi Anda juga bisa menambahkan makanan yang kaya protein, seperti biji rami, granola, dan biji bunga matahari. Minuman ini akan menjadi pilihan yang bergizi tinggi, sehingga menjadi makanan yang bisa diganti saat Anda lapar.

6. Berguna Sebagai Detok

Smoothie juga bisa menjadi cara membuang racun di dalam tubuh. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menambahkan beberapa jenis sayuran seperti dandelion dan kangkung ke dalam smoothie Anda.

Perbedaan Smoothies, Jus, Milkshake, Dan Lassi

Smoothies

Smoothie merupakan minuman yang terbuat dari buah-buahan, sayuran, sirup gula, susu cair segar, dan es batu. Selain tambahan susu khas smoothies, yogurt, coklat, dan susu kental manis sering ditambahkan ke dalam smoothie. Tekstur smoothie lebih kental dari pada jus. 
Beberapa orang membuat smoothie dengan mencampurkan berbagai jenis buah-buahan atau menggabungkan buah-buahan dan sayuran untuk menghasilkan rasa yang lebih kaya. 
Untuk mempercantik tampilan smoothie dan memperkaya rasa, Anda bisa menaburkan smoothie dengan bubuk coklat, irisan buah, taburan cokelat, atau potongan jelly.
Proses pembuatan smoothie sangat sederhana; Campurkan buah-buahan, sayuran, susu, sirup gula, es batu, dan yogurt ke dalam blender. Proses hingga halus. Sesuai resepnya, komposisi dan jenis buah yang digunakan bisa dipilih sesuai selera.

Jus

Jus umumnya dibuat dari buah dan sayur. Terkadang orang menambahkan kacang atau rempah-rempah seperti daun mint dan jahe cincang untuk meningkatkan rasa jus. Selain buah dan sayuran sebagai bahan utama, jus buah dan bahan lain seperti sirup gula ditambahkan untuk memberi rasa manis.
Es batu dan sedikit air mendidih juga ditambahkan ke dalam jus untuk memudahkan pemurnian dan meningkatkan konsistensi jus agar menjadi lebih encer. Proses pembuatan jus terdiri dari dua metode.
Pertama, masukkan buah atau sayuran yang sudah dipotong ke dalam juicer. Proses dan simpan jus di dalam cangkir. Kemudian tambahkan jus buah dan sayur ini dengan sirup gula dan es batu segar. Jus jenis ini menghasilkan jus buah tanpa ampas dan mengandung nutrisi yang lebih tinggi.
Cara kedua adalah mencampurkan campuran sayur atau potongan buah, air dingin, es batu, dan sirup gula ke dalam mangkuk blender. Proses hingga halus. Cara ini akan menghasilkan buah yang lebih tebal dan lebih tinggi seratnya.
Gunakan buah dan sayuran segar. Cuci sayuran dan buah-buahan sebelum digunakan. Gantilah gula dengan madu untuk pemanis alami dan sehat.
Gula membuat smoothie berkalori tinggi, dan sebagai tambahan, ini mencegah vitamin C diserap ke dalam tubuh. Sajikan jus dingin, karena selain segar juga akan membuat vitaminnya bertahan dengan baik.

Milkshake

Jika dilihat sebagai bahan dasar, milkshake kurang lebih sama dengan minuman-minuman tersebut di atas, yaitu buah-buahan, sayur mayur, sirup gula, susu kental manis segar / cair, dan es batu yang diaduk hingga empuk.
Sorotannya adalah tambahan susu dan es krim yang melengkapi milkshake yang selalu ada. Selain pencampuran, proses pembuatan milkshake dapat dilakukan dengan menggunakan shaker.
Untuk melakukan ini, jus, susu cair segar, es batu, dan sirup gula ditempatkan dalam tabung pencampur. Kocok hingga tercampur rata. Tuang ke dalam cangkir saji. Tambahkan es krim ke wajah dan kaki.
Anda juga bisa mencampurkan es krim dalam pengocok. Namun umumnya es krim disajikan sebagai topping di atas jus buah.

Lassi

Lassi adalah minuman yang berasal dari India dan Pakistan. Ciri khas lassi adalah adanya penambahan yogurt sebagai salah satu bahan utama selain buahnya. 
Proses pembuatan berenda kurang lebih sama dengan membuat jus, yaitu irisan buah, yogurt, es batu dan sirup gula yang ditaruh dalam mangkuk blender. Proses selanjutnya, blender saja sampai halus. 
Minuman lassi yang paling populer adalah mango lassi, strawberry lassi, raspberry lassi, dan avocado lacy. Rempah-rempah seperti kayu manis bubuk, merica bubuk, atau pala bubuk sering kali ditambahkan ke dalam renda. 
Tujuannya agar rasa berenda semakin kaya. Agar lebih sehat, gunakan yogurt tawar atau yogurt tawar. Gantilah sirup gula dengan madu atau pilih buah yang memiliki rasa manis agar Anda tidak perlu menambahkan lebih banyak gula pada lacy.

Kumpulan Resep Smoothies Yang Bikin Seger

1. Smoothies Nanas Dan Pisang

Bahan Bahan Smoothies Nanas Dan Pisang

  • 2 buah pisang, kupas dan potong-potong
  • 250 gram nanas, potong-potong
  • 4 sendok makan madu
  • 250 ml yogurt tawar
  • 1 sendok makan oatmeal

Langkah Langkah Smoothies Nanas Dan Pisang

  1. Masukkan potongan pisang dan nanas ke dalam mangkuk tertutup. 
  2. Simpan di dalam freezer sampai membeku.
  3. Masukkan pisang, nanas, yogurt, madu, dan oatmeal ke dalam mangkuk blender.
  4. Proses hingga halus lalu tuang ke dalam gelas saji dan sajikan dingin.
  5. Siap dihidangkan.

2. Smoothies Buah Naga

Bahan Bahan Smoothies Buah Naga

  • 2 buah pisang, cincang dan beku
  • 150 g buah naga merah, potong-potong
  • 500 ml susu
  • 4 sendok makan madu
  • es batu

Topping :

  • Irisan pisang
  • biji labu
  • Irisan stroberi

Langkah Langkah Smoothies Buah Naga

  1. Siapkan blender serbaguna.
  2. Masukkan pisang beku, buah naga, susu, es batu dan madu ke dalam mangkuk blender.
  3. Proses hingga halus.
  4. Tuang ke dalam mangkuk saji.
  5. Taburi hiasan dengan bahan-bahan.
  6. Siap dihidangkan.

3. Smoothies Buah Alpukat

Bahan Bahan Smoothies Buah Alpukat

  • 1/2 buah alpukat, potong-potong
  • 2 buah pisang beku
  • 50 gram kangkung / bayam
  • 250 ml susu segar
  • es batu

Topping :

  • Stroberi
  • Biji chia
  • Irisan almond

Langkah Langkah Smoothies Buah Alpukat

  1. Siapkan mixer.
  2. Masukkan alpukat, pisang, lobak, susu dan madu ke dalam mangkuk blender.
  3. Proses hingga halus.
  4. Tuang ke dalam mangkuk saji.
  5. Taburi dengan irisan almond, strawberry, dan biji chia.
  6. Siap dihidangkan.

4. Smoothies Wortel

Bahan Bahan Smoothies Wortel

  • 200 g wortel kupas
  • 4 sendok makan madu
  • 250 ml jus jeruk manis
  • 100 g es batu, bubuk
  • 250g yogurt tawar

Langkah Langkah Smoothies Buah Alpukat

  1. Masukkan potongan wortel ke dalam kantong plastik dan simpan di freezer untuk diberikan kepada saya.
  2. Masukkan wortel, jus lemon, es batu, yogurt dan madu ke dalam mangkuk blender.
  3. Proses hingga halus.
  4. Tuang ke dalam gelas saji.
  5. Siap dihidangkan

5. Smoothies Buah Mangga

Bahan Bahan Smoothies Buah Mangga

  • 250 gram mangga aromanis matang, potong-potong
  • 100 ml yogurt tanpa rasa
  • 2 sendok makan krim keju
  • 5 sendok es krim vanila

Langkah Langkah Smoothies Buah Mangga

  1. Siapkan 2 cangkir tinggi.
  2. Masukkan bahan-bahan tersebut ke dalam mangkuk blender.
  3. Proses hingga halus.
  4. Tuang ke dalam cangkir saji.
  5. Taburi kacang mete diatasnya.
  6. Siap dihidangkan.

6. Smoothies Buah Kurma

Bahan Bahan Smoothies Buah Kurma

  • 10 buah kurma segar, buang bijinya
  • 250 ml yogurt tawar, dingin
  • 100 ml susu cair dingin
  • 75 ml madu

Langkah Langkah Smoothies Buah Kurma

  1. Masukkan semua bahan ke dalam mangkuk mixer.
  2. Proses hingga halus.
  3. Tuang ke dalam cangkir saji.
  4. Siap dihidangkan.

7. Smoothies Buah Mix

Bahan Bahan Smoothies Buah Mix

  • 200 gram blueberry beku
  • 2 buah pisang, cincang dan beku
  • 500ml susu segar rendah lemak
  • 2 sendok makan es batu, secukupnya

Topping :

  • Strawberry, kiwi, blueberry, mangga
  • Kacang cincang, granola, Kissamis

Langkah Langkah Smoothies Buah Mix

  1. Siapkan mixer.
  2. Masukkan es batu secukupnya, pisang beku, blueberry beku, susu dan madu ke dalam blender.
  3. Haluskan semua bahan.
  4. Tuang ke dalam mangkuk saji.
  5. Tambahkan es lagi menggunakan mesin serut es
  6. Berikan strawberry, kiwi, blueberry, mangga, dan kacang-kacangan.

Kumpulan Resep Smoothies Yang Bikin Seger

Nah itu dia guys kumpulan resep smoothies yang bikin seger. Gimana.. gampang bukan? Oh iya kalian bisa banget request untuk dibuatin artikel resep apapun, tulis di kolom komentar ya. Sekian tutorial dari saya, selamat mencoba guys.