Langkah Komputer Agar Tidak Terinfeksi Virus

Di era sekarang ini begitu banyak pekerjaan yang harus diselesaikan menggunakan komputer sebagai alat bantu sangat penting sekali. Mulai digunakan untuk mengerjakan berbagai tugas atau pekerjaan dan juga bisa digunakan seagai tempat hiburan mau itu bermain game atau melihat berita juga video youtube. 

Bisa dikatakan sebagai suatu perangkat untuk melayani banyak kebutuhan. Harga dari komputer sangat terjangkau bahkan kita bisa menyesuaikan spesifikasi komputer dengan budget yang dimiliki. 

Tapi ketika memiliki komputer ada hal yang harus diperhatikan menyangkut bahaya dari sebuah virus. Virus-virus pada umumnya dibikin oleh manusia yang bertujuan untuk merusak sistem komputer yag akan menginfeksi sebuah jaringan sehingga bisa mengambil data penting di komputer tersebut. 

Virus ini tidak langsung ada di komputer sebab saat pertama kali di instal akan bebas dari virus. Terus dari mana datangnya?? Beberapa hal yang bisa menyebabkan virus berpindah mulai dari bertukar data dari perangkat satu dengan yang lainnya yang mana salah satunya sudah terinfeksi virus, karena sering mendownload sebuah aplikasi di internet yang ternyata di dalamnya sudah ditanam sebuah virus. 

Apa efeknya bila komputer tidak terserang virus? 

Pernah tidak mengalami sebuah komputer yang awalnya bekerja dengan baik tiba-tiba tidak lama menjadi sangat lambat bahkan bisa menyebabkan panas berlebih atau overhead terkadang bisa saja file menjadi rusak?? Bila ini pernah terjadi bisa saja disebabkan karena komputer tersebut ada virusnya.

Untuk itu wajib berjaga-jaga jangan sampai virus menyerang komputer. Bagaimana caranya agar bisa melakukan hal tersebut? Mengutip dari situs online servicekomputerpanggilantangerang.com ada beberapa hal yang bisa ditulis kembali, seperti: 

Semua data yang masuk di cek 

Salah satu cara yang sering sekali digunakan virus masuk atau menyusup ke dalam komputer adalah melalui perangkat penyimpanan data portable baik itu flashdisk dan hardisk portable. Maka dari itu scan penyimpanan data tersebut saat pertama kali masuk agar tahu apakah ada virus atau tidak. Dan jangan lupa untuk selalu mengupdate anti-virus versi terbaru. 

Dilarang asal download 

Untuk komputer yang tidak terhubung dengan internet tingkat resiko terserang virus jauh lebih rendah ketimbang komputer yang terhubung dengan internet. Ini terjadi tanpa disadari ketika pengguna komputer tersebut mendownload sebuah aplikasi yang ternyata didalamnya sudah terpasang virus. Bila ingin mendownload aplikasi terutama yang free ada baiknya untuk mencari sumber yang terpercaya dan jelas penyedianya. 

Gunakan Deep Freeze 

Kalau komputer harus selalu terhubung dengan internet seperti layaknya warnet atau game center maka langkah terbaik untuk mengamankan komputer dari serangan virus adalah dengan menginstal sebuah program yang namanya Deep Freeze. Program ini akan melindungi komputer dari serangan virus bahkan tidak hanya itu kesalahan manusia ketika menghapus sebuah file terlebih di C bisa pulih lagi setelah di restart. 

Sebagai catatan bila komputer menggunakan program Deep Freeze maka ketika kita menginstal sebuah program atau menyimpan sebuah file pada drive yang di pasang aplikasi tersebut maka ketika komputer tersebut restart bisa dikatakan akan hilang juga. 

Nyalakan firewall 

Firewall merupakan cara untuk menghalangi virus masuk karena bisa memutus atau memblokir koneksi jaringan. Namun sebelum itu harus dilakukan setting terlebih dahulu. 

Buat dalam bentuk zip atau rar 

Ketika sebuah File atau folder dirubah menjadi format zip atau rar umumnya akan aman. Maka dari itu bila anda memiliki file penting apapun itu jenisnya baik yang video, gambar, tulisan, angka sebaiknya untuk melakukan itu. Aplikasi yang bisa digunakan adalah winzip atau Winrar. 

Nonaktifkan autoran

Agar virus tidak langsung menyebar ketika flash disk atau hardisk portable di colokan maka ada baiknya untuk menonaktifkan sistem autoran. Bila tidak dimatikan maka ketika ada perangkat penyimpanan data yang masuk tanpa kita perintahkan bisa berjalan otomatis tak terkecuali bila ada virus yang berada di dalam perangkat tersebut.

Menarik bukan pembahasannya? Bila komputer anda sudah rusakparah karena virus ada baiknya untuk segera di perbaiki. Kontak teknisi yang bisa menyelesaikan bila anda tak bisa mengerjakan seperti teknisi service komputer jakarta atau yang ada di sekitar anda. Pastikan harus berpengalaman dengan jam terbang tinggi sebab taruhanya data anda juga.