Mengenal 5 Jenis Tempat Sampah

Sampah dibagi menjadi dua jenis utama yang membedakannya. Sampah organik dan ada sampah yang anorganik. 2 jenis ini dibedakan berdasarkan sampah yang bisa diurai secara alami dan sampah yang tidak bisa diurai secara alami.

Guna membedakan jenis sampah ini, dinas kebersihan di berbagai kota berupaya membuat tempat sampah stainless dengan jenis yang berbeda-beda. Ini supaya sampah yang dibuang mudah dikelola dengan cepat dan juga teratur.

Nah jika kamu semua masih bingung dengan tempat sampah ini, berikut akan ada penjelasan secara singkat tipe-tipe dari tempat sampah yang tersedia.

Tempat Sampah Benda Berbahaya

Tempat sampah ini biasanya disediakan khusus di tempat-tempat tertentu. Benda yang dibuangpun juga benda-benda khusus.

Benda tersebut bisa jadi benda yang mudah terbakar, meledak, zat kimia berbahaya, radioaktif. Contohnya seperti LED, Baterai, botol kimia, kaleng cat, tinta printer, dan tabung aerosol.

Tempat Sampah Kertas

Kertas relatif lebih mudah untuk didaur ulang menjadi bahan serupa. Oleh karena itu tempat sampah untuk kertas juga harus disediakan. Karena bahan ini mudah terbakar dan juga cukup ringan bila terbawa angin. Tentunya akan mengganggu kenyamanan umum bila berserakan di sekitar.

Tempat Sampah Plastik

Sama halnya dengan kertas, sampah dari plastik cukup ribet bila dibiarkan begitu saja. Dan banyak orang yang mengatasi sampah ini dengan cara dibakar. Padahal cara ini salah karena dapat menyebabkan polusi udara bagi lingkungan sekitar.

Tempat Sampah Organik

Sampah organik ini biasanya berasal dari sisa makanan atau sisa minuman. Sampah ini relatif lebih mudah untuk di kelola atau di daur ulang. Cukup dipendam di dalam tanah akan menjadi pupuk alami bagi tanaman.

Tempat Sampah Elektronik

Jenis tempat sampah ini mungkin masih banyak yang belum tersedia. Jikapun ada, tempat sampah ini akan lebih mudah membuang barang-barang elektronik yang tak terpakai.

Dan biasanya tempat sampah ini bisa mengelompokan mana komponen yang masih bisa dipakai dan komponen mana yang sudah tidak berfungsi.