Mengenal Berbagai Jenis Aspal di Jasa Pengaspalan Bekasi

Jasa pengasapalan jalan

Jalan beraspal merupakan salah satu infrastruktur yang lain kita gunakan sehari-hari. Mulai dari jalan desa hingga jalan nasional hampir semuanya telah dilapisi aspal atau lapisan beton. Penggunaan aspal sendiri dipilih dikarenakan jumlahnya yang cukup melimpah, memiliki ketahanan yang lama (tergantung kualitasnya) serta lebih mudah diaplikasikan. Aspal atau yang juga dikenal dengan bitumen merupakan salah satu hasil akhir pengolahan minyak bumi.

Sebagai salah satu negara penghasil minyak mentah, Indonesia juga menghasilkan aspal yang kemudian digunakan untuk pembangunan infrastruktur. Untuk perbaikan jalan, penggunaan aspal yang berkualitas tinggi merupakan hal utama yang harus dipenuhi. Penggunaan aspal berkualitas rendah akan menghasilkan jalan yang mudah rusak, sehingga dapat membahayakan pengguna kendaraan di jalanan. Salah satu contohnya adalah daerah Bekasi.

Jasa Pengaspalan Bekasi

Bekasi pernah terkenal karena memiliki infrastruktur jalan yang rusak dan tidak layak padahal memiliki jasa pengaspal Bekasi yang banyak dan berkualitas baik. Untuk memahami hal tersebut, sebaiknya kalian memahami beberapa jenis aspal jalan yang sering digunakan terlebih dulu.

3 Jenis Aspal Jalan  Yang Umum Digunakan

1.    Hot Mix Asphalt (HMA)

Hot Mix Asphalt (HMA) merupakan jenis aspal yang paling banyak digunakan oleh jasa pengaspal Bekasi untuk proyek memperbaiki jalan. Aspal jenis ini memerlukan pemanasan dalam suhu yang cukup tinggi untuk mengurangi kadar kepekatannya. HMA banyak dipilih dikarenakan cenderung lebih cepat dingin sehingga jalan dapat digunakan lebih cepat serta mempermudah  pengangkutan jarak jauh jika jalan yang akan digarap cukup panjang dan memerlukan waktu pengerjaan yang lama.

2.    Wam Mx Asphalt (WMA)

Jika HMA merupakan aspal yang paling sering digunakan, WMA merupakan jenis aspal yang paling popular. Tidak seperti HMA, WMA tidak memerlukan suhu tinggi dalam pengerjaannya. Sebagai gantinya, pengikat serta agregat seperti lilin emulsi aspal dan air ditambahkan ke dalamnya. Walaupun termasuk aspal yang popular, WMA memiliki kelemahan yaitu tidak bisa mendingin lebih cepat seperti HMA sehingga jalan yang menggunakan aspal ini tidak dapat digunakan lebih cepat.

3.     Driveway Mix

Jika dilihat dari namanya, aspal jenis ini dirancang khusus untuk tempat-tempat seperti tempat parkir atau jalan setapak yang memerlukan  jalan yang keras dan tahan lama. Pada dasarnya driveway mix merupakan HMA yang dicampur dangan bahan lain seperti batu kerikil, batu-batu kecil serta pasir untuk menghasilkan jalan yang lebih bagus namun dengan biaya yang lebih murah serta tahan lama.

Ketiga jenis aspal tersebut tidak hanya sering digunakan oleh jasa pengaspalan Bekasi saja tapi juga banyak digunakan di daerah lain khususnya di pulau Jawa. Khusus bagi wilayah Bekasi yang berjarak cukup dekat dengan Jakarta, memilih jasa pengaspal yang bagus tentu merupakan hal yang mudah. Terdapat beberapa jasa aspal Bekasi serta jasa kontraktor Bekasi yang telah berpengalaman dalam proyek pengerjaan jalan.