Sinopsis Dignitate, Pertemuan Tak Terduga Alfi & Alana

Pertemuan itu memang bisa dibilang sesuatu yang ajaib dan unik. Kita tidak pernah tahu, kapan dalam hidup akan tiba-tiba bertemu dengan seseorang. Entah orang itu akan menjadi teman kita untuk waktu yang lama, akan menjadi seseorang yang menyakiti kita, atau bahkan akan membuat kita jatuh cinta padanya. Semua itu tidak dapat diprediksi, juga tidak dapat ditolak. Bukan hanya kelanjutannya yang unik, cara bertemu sosok Alfi (Al Ghazali) dan Alana (Caitlin Halderman) dalam film Dignitate juga luar biasa unik, loh.

Alfi yang adalah seorang siswa SMA yang cukup populer. Ia dikenal sebagai siswa yang cool, juga galak. Terlepas dari imagenya itu, tampangnya dan auranya membuat banyak siswi perempuan yang menyukainya. Alih-alih memanfaatkan kesempatan itu untuk bermain-main dengan perempuan, ia menolak untuk berpacaran dan memilih fokus dengan pelajarannya. Sesuatu yang cukup unik dan jarang ditemui, yah. Berbeda dengan Keenan (Teuku Ryzki), sahabat Alfi yang memiliki motto hidup santuy.

Namanya saja sekolah, institusi yang resmi dan formal. Tentu ada yang namanya peraturan, dan jika dilanggar, sudah jelas akan ada sanksi yang mengikuti. Ketika Alfi terlambat datang ke sekolah, ia mendapat sanksi yang tidak menyenangkan namun cukup aneh, yaitu membersihkan toilet perempuan. Disinilah permulaan dari pertemuannya dengan Alana yang ternyata membawa berbagai kejadian lain masuk ke dalam hidupnya. Siswi baru yang cantik ini mendapatkan duduk di sebelah kursi Alfi, membuat pertemuan mereka terjadi setiap harinya. Bukannya menjadi teman sebangku yang saling menolong, sifat keras kepala mereka membuat pertengkaran terus terjadi diantara mereka. Perdebatan demi perdebatan terjadi layaknya sudah dijadwal, tiap kali mereka bertemu dan berinteraksi satu sama lain.

Sudah begitu, Alana sendiri secara natural tidak menyukai sikap Alfi yang kasar, karena suatu kejadian di masa lalunya. Menjalani kehidupan sekolah bersama-sama bukan cuma bicara soal sehari dua hari. Keduanya melewati berbagai kejadian bersama-sama, dan siapa sangka, apa yang bisa muncul diantara mereka? Apakah benih-benih cinta? Atau justru kebencian yang makin mengakar, terkait dengan berbagai hal di masa lalu yang mengusik keduanya? Film garapan Fajah Nugros ini bisa mulai kamu saksikan di bioskop kesayanganmu, mulai 23 Januari 2020. Dignitate ini merupakan adaptasi dari novel berjudul sama yang ditulis oleh Hana Margaretha.